twitter

Pages

Rabu, 18 Mei 2016

Tristar Institute BSD – Cake Decoration

Tristar Institute BSD – Cake Decoration

Teknik Menghias Cake Dengan Butter Cream
Dekorasi cake hingga menjadi tart yang menarik dalam berbagai bentuk hiasan dan model, pastinya menjadi daya tarik tersendiri. Kini penggunaan butter cream makin populer, tak hanya sebagai penutup cake tetapi untuk membentuk bunga-bunga dan ornamen pendukung dalam dekorasi cake. Seperti inilah aktivitas mahasiswa Tristar Institute BSD saat praktek dekorasi cake beberapa waktu lalu.

  


Mengusung pokok bahasan mata kuliah dekorasi cake dengan materi teknik menghias butter cream, para mahasiswa Tristar Institute BSD kelas patiseri membuat karya-karya cantik yang dituangkan dalam detail hiasan butter cream pada cake.

“Materi dekorasi cake ini adalah pelajaran yang membutuhkan ketelatenan. Mahasiswa diajak berkreasi agar muncul jiwa seninya. Jadi selama 1 (satu) hari, materi teori sengaja kami mantapkan sambil mengenal beragam alat dan teknik menghias. Lalu dilanjutkan praktik membuat border, sebelum diaplikasikan langsung diatas cake. Dengan begitu mahasiswa akan lebih mudah menerapkan dan melatih keluwesan tangan mereka untuk menghias butter cream diatas cake” terang Chef Ira.
Bersama Chef Irawati Wijaya, untuk berbagai ilmu pastry kali ini mengupas tuntas teknik menghias cake dengan butter cream. Teknik yang diajarkan sangatlah detil, mulai dari alat-alat yang dibutuhkan, seperti alat pengolah bahan, penghias, palet, meja putar, dan aksesoris pendukungnya. Selain itu, dijelaskan juga bagaimana membuat butter cream, mengover cake serta teknik pewarnaan yang baik.
Tak hanya itu, mahasiswa patiseri juga diajarkan tata pencampuran warna butter cream dengan food colour yang kualitas, lalu teknik menggunakan berbagai spuit buttercream,  teknik membuat berbagai macam bunga seperti mawar merekah/kuncup, krisan, dll, serta cara merangkai bunga butter cream 1 per 1 di atas cake hingga menjadi rangkaian yang cantik.

Dicontohkan oleh Chef Ira, menghias bagian sisi cake atau atas cake dengan butter cream bisa bentuk pagar, bintang atau daun dengan menggunakan spuit. Spuit adalah alat untuk membentuk butter cream, berbentuk kerucut dengan aneka bentuk potongan pada ujungnya. Untuk membentuk butter cream, spuit ini dimasukkan ke dalam kantong plastik segitiga (piping bag) yang dilubangi ujungnya. Buttercream dimasukkan ke dalam piping bag, kemudian disemprotkan ke atas kue. Butter cream akan keluar dalam aneka bentuk tergantung bentuk mata spuit dan teknik menghias yang digunakan. Mudah, bukan?

Melalui lobang spuit inilah, kita bisa menciptakan aneka hiasan cake sesuai bentuk yang diinginkan. Memang membutuhkan ketelitian yang lumayan. Namun, asalkan rajin berlatih dan dilakukan dengan kesabaran, cake yang cantik bisa tercipta dari tangan para mahasiswa ini.

Menurut Matthew Evan, salah satu mahasiswa patiseri, belajar menghias butter cream cake ini sangat menyenangkan. Tingkat kesulitannya ternyata cukup tinggi, tapi dapat dilakukan oleh siapa saja yang baru belajar menghias cake, terangnya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat cake tart sebenarnya tidak banyak. Begitu pula cara membuatnya pun sebenarnya mudah. Sebuah cake yang digunakan untuk media dasar hiasan hingga menjadi tart. Sedangkan bahan hiasannya, cukup dengan menggunakan butter cream. Intinya, hanya seni menghias yang menjadi dominan dalam pembuatan hiasan cake.

Seru dan membutuhkan kreatifitas itu pasti. Gambaran dari para mahasiswa patiseri dalam materi kuliah dekorasi cake dengan butter cream. Mulai membuat konsep desain hingga menyiapkan topper butter cream cake yang unik untuk membentuk sebuah keindahan. Dipertemuan selanjutnya Chef Ira juga akan mengajarkan dekorasi cake dengan menggunakan fondant dalam berbagai model hiasan. Bagaimana keseruanya?



Nah, ingin bisa seperti mereka? Kelas patiseri yang ada di Tristar Institute BSD memberikan kemudahan bagi Anda dalam berkreatifitas di dunia pastry untuk menjadi pastry chef profesional. *Upi
Tristar Institute
School of Culinary – Baking Pastry Art, Food Technology, Hospitality, Cruise,
D3 Hotel & S1 Culinary Business
Kampus Tristar Institute, ada di:
Surabaya || Jl. Raya Jemursari 244
Telp. 031-8433224, 0813 5786 6283, PIN. 2B517ECB
Surabaya || Jl. Raya Dukuh Kupang 157B
Telp. 031-8480821-22, 0812 1618 1016, PIN. 25D164CF
Surabaya || Jl. Raya Kaliwaron 58 -60
Telp. 031-5999593, 0822 3005 9993
Kota Batu || Jl. Bukit Berbunga No. 10
Telp. 0341-3061525, 0812 3253 9310, PIN. 5CD84671
Tangerang || Jl. Pahlawan Seribu – Raya Serpong Ruko BSD Sektor 7 Blok RL 31-33
Telp. 021-5380668, 0813 3656 3094, PIN. 2B425821
Bogor || Jl. Bina Marga No. 19
Telp. 021-5380668, 0812 3450 6326, PIN. 53B4EFD8

Tidak ada komentar:

Posting Komentar