twitter

Pages

Rabu, 11 Mei 2016

Mahasiswa Tristar Institute Kaliwaron Praktik Pembuatan ”Roll Enriched”



Chef Kristian Ajarkan Teknik Dasar Pengolahan Roti Sweet
Mahasiswa Tristar Institute Kaliwaron Praktik Pembuatan ”Roll Enriched”

SEKITAR dua pekan, Chef Kristian Faskahariyanto, dosen Pastry Tristar Institute Kaliwaron mengajarkan teknik pembuatan Roll Enriched pada mata kuliah Teknik Dasar Pengolahan Roti Sweet kepada  20-an orang mahasiswa jurusan Pastry (Patisseri).
Topik perkuliahan selama dua pekan itu dosen menjelaskan secara teori mengenai pengetahuan umum tentang teknik pembuatan Roll Enriched sebanyak 15 resep kepada mahasiswa di Laboratorium Praktik Tristar Institute Kaliwaron Jl. Kaliwaron No. 58-60 Surabaya.

Setelah mengikuti penjelasan di kelas, mahasiswa langsung praktik membuat aneka roti yang diajarkan dosen pembimbing. 20 orang mahasiswa jurusan Pastry itu dibagi dalam lima kelompok, yang masing-masing kelompok beranggotakan empat orang.
Kelompok 1 anggotanya Arum, Rifki dan Bella, sedangkan kelompok 2 terdiri dari Widi, Fransisca, Lauren dan Natalia. Sementara itu anggota kelompok 3 meliputi Syifa, Tanti, Rahma dan Raniya. Kelompok 4 anggotanya terdiri dari Taufiq Hanif, Rani, Fabea dan Arif, sedangkan anggota kelompok 5 adalah Ajeng, Bona, Nissa dan Elsa. 

Pada tatap muka hari pertama, misalnya, dosen mengajarkan pengetahuan tentang metode pembuatan roti sweet yang meliputi cheese twisted, mung bean in rose dan butterfly roll bun. Ini artinya setiap kali praktik, mahasiswa belajar tiga resep membuat roti sesuai silabus (buku panduan praktik yang mengacu pada standar industri).

Sedangkan tatap muka pada hari kedua, Chef Kristian mengajarkan pengetahuan tentang suhu pembakaran dan waktu yang dibutuhkan (untuk buffet). Dalam hal ini mahasiswa diajarkan bagaimana mengoperasikan mesin oven listrik yang benar di laboratorium sekaligus praktik membuat  floss bread, banana twisted dan smoke cheese package.

 

Sementara itu pada pertemuan hari ketiga, mahasiswa mendapatkan pengetahuan tentang teknik dasar menghias roti sweet yang terdiri dari nut tea ring, chocolate pandan toast bread dan melon pans.


Selanjutnya pada tatap muka hari keempat, dosen pembimbing mengajarkan mahasiswa jurusan Pastry mengenai pengetahuan tentang roti sweet (untuk dinning service), yakni doughnut, corned sweet bread dan burger.
Tatap muka hari terakhir (kelima), Rabu (11/05/2016), Chef Kristian Faskahariyanto mengevaluasi praktik roti sweet sekaligus mengajarkan mahasiswa bagaimana cara membuat hot dog, choux cheese roll dan monte cristo.

”Selama praktik membuat hot dog, choux cheese roll dan monte cristo, kemarin, hanya pembuatan monte cristo yang terpaksa diundur pelaksanaannya dan saya ganti hari ini (Kamis, 12/05/2016) karena terkendala roti tawarnya yang belum siap. Sedangkan praktik membuat hot dog dan chaux cheese roll bisa terlaksana dengan baik,” kata Chef Kristian sapaan akrabnya.
Anda tertarik belajar tentang Teknik Pembuatan Roll Enriched seperti yang diajarkan kepada mahasiswa Tristar Institute Kaliwaron dan ingin bergabung bersama civitas akademika Tristar Institute,  silakan menghubungi Tim Marketing Tristar Institute Kaliwaron, Jl Kaliwaron No. 58-60 Surabaya, Telp. (031) 5999593, 085733330550 (Vista Egidia), 082230059993 (Dini Permatawati), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar