twitter

Pages

Rabu, 06 April 2016

S1 International Culinary Business (IEU) - Dari Hasil Ujian Kuliner & Patiseri

S1 International Culinary Business (IEU) - Dari Hasil Ujian Kuliner & Patiseri

Usung Masakan Populer Berbagai Negara 

&

Kreasi Cake Klasik Modern

Penuh inovatif dan menarik, itu kata-kata yang terucap begitu melihat produk ujian kelas kuliner dan patiseri yang tertata cantik diatas meja display. Bersama dosen pengampu kuliner dan patiseri, ada Chef Adeline Nadia Daniel, Adv.Dip.Hosp, Chef Lily Andayani, ST, serta Chef Laurentia Vivi Wardana, S.Pd, mereka tampak sibuk menguji rasa produk tersebut untuk memberikan penilaian. Pemandangan ini berlangsung selama 2 (dua) hari saat mahasiswa S1 International Culinary Business melaksanakan ujian praktik kuliner dan patiseri.




Kreatifitas mahasiswa S1 International Culinary Business menghadirkan produk makanan dengan tema yang telah ditentukan kembali teruji. Dari jurusan kuliner tema semua masakan dari Negara Indonesia, China, Asia, Timur Tengah, dan Eropa bisa menjadi pilihan. Ujian praktik kali ini dilakukan secara individu, setiap mahasiswa dituntut untuk bisa membuat 2 sajian yaitu appetizer, dan main course.

Sedangkan dari jurusan patiseri, kreasi cake klasik dan modern dijadikan tema utama. Dalam ujian praktik ini setiap mahasiswa diharuskan bisa memvariasikan cake tersebut menjadi beberapa varian dan harus tampil menarik. Wah, ini pasti seru !

Hanya dengan waktu kurang lebih 90 menit untuk kelas kuliner dan 180 menit untuk kelas patiseri, mahasiswa harus mampu me-manage waktu yang telah ditentukan untuk membuat produk yang punya sensasi rasa dan seni. Kehadiran makanan dengan tampilan yang menarik, citarasanya enak dan penyusunannya yang cantik, pastinya cukup menyita perhatian. Penasarankan?

Saat ditemui disela-sela rutinitasnya mengajar, Chef Adeline Nadia Daniel, Adv.Dip.Hosp, menyampaikan bahwa ujian di triwulan ini menjadi salah satu parameter penilaian bagi mahasiswa dengan diuji kemampuannya. Mahasiswa juga harus menghitung food control, dengan harapan agar mereka bisa memperkirakan budget-nya. Dan standarisasi penilaian ujian kali ini meliputi, kreatifitas, tekstur dan rasa. Dengan begitu mahasiswa akan tertantang untuk bisa menciptakan produk dan mampu bersaing didunia kerja yang sebenarnya, ungkap dosen pengampu mata kuliah kuliner di S1 International Culinary Business ini.

Lantas hidangan apa saja yang dibuat oleh mahasiswa S1 International Culinary Business ini? Dari kelas kuliner, semua produk tematik ini cukup memukau mata untuk menikmatinya. Tak beda menggiurkan juga, melirik ke kelas patiseri. Penampilan kreasi cakenya begitu bersahaja ditambah garnis yang kreatif membuat siapa saja yang melihatnya ingin mencicipi.

Bagi Ismaria Ratna yang kerap disapa Nana, perasaannya saat ujian praktik ini cukup enjoy, karena tema konsepnya sudah dipersiapan. Mulai dari tema yang mengusung cake sehat dengan rendah gula, tampilan dari masing-masing produk cake dikombinasi dengan buah naga dan zuchini, Penyusunan cake hingga plating art-nya cukup menarik. Dan di ujian kali ini harapannya ingin membuktikan bahwa karya produknya bisa lebih baik dari ujian di triwulan yang lalu,’ ungkap mahasiswi dari kelas patiseri ini.


Pasti produk ujian karya mahasiswa kuliner & patiseri ini sangat menarik perhatian untuk disimak. Bagi yang ingin belajar bisnis kuliner ataupun patiseri, gabung dan nikmati kenyamanan belajar di S1 International Culinary Business. Sebuah lembaga pendidikan kuliner & patiseri, dimana tempat belajar yang didesign dengan interior yang nyaman, serta laboratorium sebagai tempat praktikum yang sangat representative. *Upi
S1 Education Program
“International Culinary Business”
IEU (Indonesian European University)
Surabaya || Jl. Raya Dukuh Kupang No. 157B
Graha Tristar || Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya
Ph. 081233752227 – 081234506326
Blackberry PIN : 2A1CE131 ; 2B517ECB ; 2B425821 ; 53B4EFD8

www.ieu.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar