twitter

Pages

Senin, 25 April 2016

Chef Yanuar Bimbing Peserta Kursus Cara Masak Ayam Goreng Kremes ala Resto

Kursus Masak di Laboratorium Praktik Akpar Majapahit
Awalid9
Chef Yanuar Kadaryanto Bimbing Peserta Kursus Cara Memasak Ayam Goreng Kremes ala Resto

AKHIR pekan lalu, Sabtu (23/04/2016), Laboratorium Praktik Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya melayani pelatihan memasak ayam goreng kremes oleh chef Yanuar Kadaryanto, di dapur kuliner 3, lantai 3 Gedung Graha Tristar.


Berbicara tentang ayam, banyak sekali masakan yang bisa diolah dan dikreasikan dari bahan dasar ayam, misalnya ayam goreng tepung, ayam kecap, balado ayam, opor ayam atau ayam goreng. Untuk ayam goreng merupakan salah satu olahan ayam yang sangat mudah dan sederhana karena pengolahannya tak membutuhkan waktu yang lama dalam memasaknya.

Barangkali jika ayam digoreng disajikan begitu-begitu saja, lama kelamaan bosan juga, makanya perlu dikreasikan lagi ayam goreng yang lezat itu dengan ditambahkan kremesannya. Yang spesial dari resep ayam goreng ini tentu saja kremesan yang menemani ayam goreng, meskipun pada dasarnya ayam goreng itu sudah memiliki rasa enak dan gurih.

Ayam goreng semakin enak dan lezat dengan kremesan yang terbuat dari tepung beras. Sekadar informasi ayam goreng kremes sendiri memang identik dengan kota Jogjakarta dan sekitarnya. Pasalnya, di kota itu banyak restoran yang menyajikan ayam goreng kremes sebagai menu utamanya. Di antara restoran yang sudah kondang menyajikan menu ayam goreng kremes yakni Restoran Ny. Suharti dan Mbok Berek.

Citarasa ayam goreng yang enak dengan kremesannya yang gurih karena terbuat dari sisa air bumbu bekas rebusan ayam dan santan semakin menciptakan kenikmatan tersendiri disetiap suapnya. Ayam goreng kremes cocok sekali disajikan dengan nasi putih yang pulen beserta sambal dan lalapannya.

Praktik membuat ayam goreng kremes ala resto inilah yang diajarkan instruktur dari Laboratorium Praktik Akpar Majapahit kepada peserta kursusan. Pelatihan ayam goreng kremes yang diasuh chef Yanuar itu diikuti 10 peserta dari Surabaya, Malang, Jombang, Pamekasan (Madura) hingga Banjarmasin (Kalimantan Selatan).

10 orang peserta pelatihan itu adalah Setyo Budi Wahjono, Ayu Mega Kusumastuti, Solus Aegrety Levest, Evi Herawati, Herman, Lindawati Budisantoso, Ricka Rooswijani, Achmad Fatchulloh, Yuliati Ningsih dan Norhalisah.

Mereka sangat antusias mendengarkan penjelasan dari chef  Yanuar mulai pengenalan bahan dan bumbu-bumbunya, peralatan masak hingga teknik pengolahan ayam kremes yang enak berikut cara membuat sambalnya.

Kepada 10 peserta kursus masak ayam kremes, chef  Yanuar mengatakan, untuk membuat ayam kremes yang enak, selain faktor pemilihan bumbu dan cara mengolahnya, juga aspek pemilihan ayam punya peranan penting.

Untuk skala ekonomi (buka usaha), ayam yang dipilih adalah ayam pejantan dengan bobot 750-900 gram per ekornya. Ayam pejantan ini di samping harganya ekonomis, juga mudah dicari di pasar tradisional. Selain cocok untuk dibuat ayam kremes, ayam pejantan ini juga direkomendasi untuk dibuat ayam tulang lunak.

”Selama praktik masak membuat ayam kremes, peserta selain saya ajarkan pengetahuan bahan, teknik memotong ayam yang betul, ngungkep bumbu dan masak daging ayam (bisa pakai presto), juga  diajarkan cara membuat kremesannya dan sambal bajak,” terang chef Yanuar, yang juga pengajar pada Program Studi (Prodi) Culinary Akpar Majapahit, Sabtu (23/04/2016), akhir pekan lalu. 

Bahan ayam goreng kremes adalah ayam kampung, ayam pejantan atau ayam buras satu ekor potong sesuai selera, santan 1.000 ml dari separo butir kelapa, daun salam dua lembar dan serai dua tangkai yang sudah dimemarkan.

Bumbu halus ayam goreng kremes meliputi bawang putih enam siungm bawang merah lima butir, kemiri empat butir, ketumbar setengah sendok makan, kunyit dua ruas jari, garam setengah sendok makan, kaldu bubuk rasa ayam satu sendok teh dan gula pasir satu sendok teh.

Bahan kremesan ayam goreng dari air rebusan ayam 350 ml dan tepung beras tiga sendok makan. Sedangkan bahan untuk membuat sambal ayam goreng kremes meliputi bawang merah lima butir, cabai merah enam buah, cabai rawit merah tiga buah, terasi satu sendok teh, tomat satu buah, gula merah satu sendok teh dan garam secukupnya. Sementara itu bahan tambahan untuk lalapannya antara lain mentimun, kol, daun selada, irisan tomat, jengkol yang sudah direbus, daun kemangi dan petai bakar.

Cara membuat ayam goreng kremes:
1.   Langkah awal cuci bersih ayam, lalu rebus ayam beserta bumbu halus dan semua bumbu lin dalam santan
2. Selanjutnya umgkep ayam dengan menggunakan api kecil hingga matang, (tapi jangan sampai santannya habis, sisakan 350 ml untuk bumbu kremesan nanti), lalu angkat ayam yang sudah matang tersebut dan sisihkan.
3.    Selanjutnya saring sisa rebusan ayam (350 ml), kemudian tambahkan tepung beras dan aduk hingga rata.
4.    Celupkan ayam ke dalam adonan kremesan, kemudian goreng ayam hingga kuning keemasan, angkat dan tiriskan.
5.   Untuk membuat kremesannya, goreng sisa adoman kremesan, angkat lalu remes-remes agar terbentuk butiran-butiran kecil kremesan. Taburkan kremesan yang sudah jadi di atas ayam goreng.

Cara membuat sambal ayam goreng:
1.  Goreng semua bahan sambal hingga matang, kecuali garam dan gula.
2.    Kemudian ulek bahan sambal sampai halus (bisa di-blender tidak sampai halus), lalu tambahkan garam dan gula secukupnya.
3.    Panaskan minyak goreng sedikit, lalu tumis lagi sambal, aduk-aduk hingga bahan  tercampur rata dan matang, kemudian angkat.
4.    Ayam goreng kremes ala resto siap disajikan dengan sambal dan lalabannya.

Untuk daging aqyam sebaiknya menggunakan ayam kampung, ayam pejantan atau ayam buras agar hasilnya lebih enak, gurih dan makyus. Sebetulnya boleh saja menggunakan daging ayang sayur, tetapi hasilnya kurang maksimal. Pasalnya, ayam goreng kremes ala resto, sebaiknya memakai ayam kampung, ayam pejantan atau ayam buras yang gurih rasanya.
”Demi menjaga agar rasanya tetap enak yang terpenting adalah saat pembuatan bumbunya harus pas, biar hasilnya tetap lezat. Saat meracik bumbu ditambahkan kunir sedikit dalam bumbu ayam goreng kremes bertujuan agar warnanya terlihat lebih cantik,” kata chef Yanuar memberikan tips kepada peserta pelatihan.


Nah, Anda tertarik dengan kursus wirausaha di Laboratorium Praktik Akpar Majapahit, silakan menghubungi Tim Front Office (FO) Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar