twitter

Pages

Senin, 28 Maret 2016

Belajar Masak 20 Resep Menu Catering di Tristar Institute



Pelatihan Paket 5 Hari Menu Catering di Tristar Institute 

Chef Haris Suseno Berbagi Ilmu Memasak 20 Resep Menu Catering kepada Peserta Kursusan

PELAKU bisnis catering mengungkapkan bahwa bisnis catering boleh dibilang tidak akan pernah mati sekalipun situasi perekonomian sekarang ini lagi gonjang ganjing. Pasalnya, bisnis catering ini merupakan bisnis jasa di mana citra pribadi sangatlah penting. Bisnis jasa identik dengan personelnya. Orang lebih percaya kepada pribadi tertentu yang kharismatik daripada lembaganya.

Hal pertama yang mesti diperhatikan adalah pebisnis ini tidak harus pandai memasak. Namun karena bisnis ini masuk kelompok jasa boga, maka siapa pun yang tertarik terjun di bisnis catering harus menaruh minat yang besar terhadap segala jenis masakan agar pelaku bisnis ini bisa menjelaskan kepada calon konsumen secara detail tentang menu dan masakan yang dibuat.      
                                                                                                                              
Selain itu, pengelola catering semestinya juga didukung oleh koki yang profesional dan keberadaannya punya citra baik untuk kalangan tertentu. Demi kesuksesan bisnis ini, pengelolanya tidak perlu harus jago masak. Tapi yang diperlukan adalah pengelolanya harus cinta kepada masakan karena itu adalah bisnis yang dilakoni.

Fakta empiris inilah yang mengilhami empat perempuan cantik asal Surabaya untuk memutuskan menjadi peserta pelatihan Paket 5 Hari Menu Catering di Laboratorium Praktik Tristar Institute Jl. Raya Jemursari No. 234 Surabaya, yang dihelat berturut-turut pada tanggal 21, 22, 23, 24 dan 26 Maret 2016.

Empat peserta pelatihan paket lengkap menu catering ini adalah Asih Prihastutik, Fransisca Widya, Sherly Angelina dan Tenny Theresia Luan. Selama pelatihan masak 20 resep menu catering pekan lalu, mereka dibimbing oleh Chef Haris Suseno dengan dibantu Rozy, asistennya.

Pada hari pertama pelatihan menu catering, peserta diajarkan tentang pengetahuan bahan, peralatan memasak dan teknik memasak menu catering yang mengacu pada standar industri. Setelah mendapat penjelasan singkat dari ahlinya, peserta pelatihan langsung diajarkan praktik membuat empat resep menu catering, yakni membuat zupa sup, pastel tutup, macaroni schotel dan spaghetti bolognaise.

Sedangkan pelatihan pada hari kedua, peserta dibimbing langsung untuk membuat sup asparagus, angshio hie bien, ayam canton dan pudding caramel. Sementara itu pada hari ketiga, Chef Haris Suseno mengajarkan cara memasak sup cream jamur, chicken cordon bleu, bistik lidah dan salad buah.

Pelatihan pada hari keempat, peserta pelatihan belajar sekaligus praktik membuat menu masakan coto Makassar, cap jay, sapi lada hitam dan ayam rica-rica. Sedangkan pelatihan hari terakhir, Sabtu (26/03/2016), akhir pekan lalu, Chef Haris, sapaan akrab Haris Suseno, mengajarkan cara membuat sup sehat, gurami asam manis, ayam saos lemon dan cah daging kaylan kepada Asih, Fransisca, Sherly dan Tenny.

Kepada kru www.culinarynews.info, salah satu peserta pelatihan, Asih Prihastutik menuturkan, tekadnya belajar masak 20 resep menu catering bersama peserta kursusan yang lain di Tristar Institute, selain ingin menambah pengetahuan tentang masak memasak khususnya resep menu catering, dirinya juga ingin membuka usaha catering di rumah.

Berbekal ilmu dari Chef Haris Suseno, pihaknya optimistis jika niatnya merintis usaha catering bakal menemui kesuksesan apalagi dari pihak Tristar Institute juga terbuka untuk diminta masukan pascapelatihan ini, sehingga menambah keyakinan dirinya demi mewujudkan mimpinya tersebut yakni punya usaha catering sendiri di rumah.

Sementara itu, Fransisca, Sherly dan Tenny memutuskan belajar masak 20 resep menu catering selama lima hari di Laboratorium Praktik Tristar Institute semata-mata ingin memperdalam pengetahuan kuliner dari ahlinya langsung. Siapa tahu dari hasil pembelajaran ini mereka kelak membuka usaha café & resto.

”Saya antusias mengikuti pelatihan Paket 5 Hari Menu Catering di sini karena ingin belajar 20 resep menu catering seperti yang telah diajarkan Chef Haris Suseno dan asistennya. Dari pengalaman empiris ini, saya optimistis dari bekal mengikuti pelatihan di sini, saya mulai ancang-ancang membuka resto,” ungkap Cece Tenny, sapaan karib Tenny Theresia Luan, seusai mengikuti pelatihan di Laboratorium Praktik Tristar Institute, akhir pekan lalu.

Dalam kesempatan itu, Chef Haris Suseno kembali mengingatkan peserta pelatihan untuk terus mengkreasikan 20 resep menu catering yang telah diajarkan selama lima hari tersebut demi menambah khasanah masakan Indonesia sesuai selera Anda masing-masing. Usai pelatihan Paket 5 Hari Menu Catering tersebut, empat peserta kursusan itu juga mendapatkan sertifikat dari Tristar Institute yang diserahkan langsung oleh Chef Haris Suseno. 

 
 Selain itu, setiap usai pelatihan, masing-masing peserta juga membawa pulang hasil masakannya yang dikemas dalam paper box. Hasil masakan tersebut diberikan sejak pelatihan pada hari pertama (Senin, 21/03/2016) hingga hari terakhir, Sabtu (26/03/2016), pekan lalu.


Nah, untuk informasi lebih lanjut seputar materi pelatihan Paket 5 Hari Menu Catering, Anda bisa menghubungi Staf Bagian Front Office Akpar Majapahit, Sdri. Fembri, Prima atau Yarin Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-5, HP 0817321024, BB 2B4E0E95, sekarang juga. (ahn) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar