twitter

Pages

Rabu, 03 Februari 2016

Tristar Institute Helat Pelatihan Mie Hot Plate ala Resto



Pelatihan Mie Hot Plate di Tristar Institute  
Awalid9
Chef Haris Suseno Berbagi Ilmu Cara Membuat Mie Hot Plate Tom Yum, Lada Hitam, Ayam Kungpao dan Ayam Jamur

MEMASUKI awal Februari 2016, Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Tristar Institute Surabaya Jl Raya Jemursari No. 234 Surabaya kembali membuka kelas pelatihan membuat mie hot plate --tom yum, lada hitam, ayam kungpao dan ayam jamur pada Selasa (03/02/2016).

Instruktur pelatihan mie hot plate dari Tristar Institute, Chef Haris Suseno, kemarin, berbagi ilmu dengan tiga orang peserta pelatihan, yakni Sisca (Jember), Diah Sri Utami (Surabaya) dan Dede Rustam (Bandung) di dapur uji Tristar Institute Surabaya.

Dalam pelatihan itu, Chef Haris, sapaan karib Haris Suseno, mengawali pelatihan mie hot plate kepada peserta kursusan dengan menjelaskan tentang bahan yang digunakan mulai bahan masakan, bahan saus, bahan isi hingga cara membuatnya.

Pengetahuan bahan memasak mie hot plate ini penting bagi Anda yang tertarik untuk merintis usaha  resto & café di rumah maupun pusat perbelanjaan atau mall.

Menurut Chef Haris, membuat mie hot plate tom yum yang citarasanya  seperti aslinya, Anda bisa membeli tom yum pasta yang diimpor dari Thailand, fish gravy, chicken powder dan maizena. Keempat bahan  ini bisa Anda dapatkan di Toko 9 (toko bahan masak memasak dan bahan kue yang masih satu grup dengan Tritstar Institute).

Sementara itu untuk bumbu pendukung lainnya, seperti bawang putih, bawang merah, jahe, sereh, cabe rawit, daun jeruk, akar daun ketumbar, laos, jeruk nipis bisa dicari di pasar-pasar tradisional maupun swalayan.



Begitu juga untuk membuat mie hot plate lada hitam, selain pemilihan daging sapinya, Anda harus memerhatikan soal penyediaan bahan yang lain seperti paprika, bawang bombay, tomato ketchup, raja rasa, vetcin, knorr, dark soy sauce, dan maizena untuk membuat saus lada hitam yang lezat dengan daging sapinya yang empuk.

Begitu juga saat mempraktikkan cara membuat mie hot plate ayam kungpao dan mie hot plate ayam jamur, chef Haris me-wanti-wanti peserta pelatihan untuk cermat dalam memilih bahan hingga proses membuatnya.

”Silabus cara membuat mie hot plate yang Anda pegang ini –berupa lembar fotokopian—paling tidak bisa menjadi pegangan Anda ketika diajarkan di kelas memasak. Namun dalam praktiknya ada beberapa modifikasi sesuai selera,” terang chef Haris yang siap membuka konsultasi kepada peserta usai pelatihan ini.

Kepada kru www.culinarynews.info, Sisca, pebisnis resto & café skala rumahan di Jember, menyatakan keinginannya untuk menambah sajian menu baru di café-nya (Kampung Café), setelah dirinya belajar mie hot plate (tom yum, lada hitam, ayam kungpao dan ayam jamur) di Tristar Institute bersama Chef Haris Suseno.

“”Selama ini saya hanya menyediakan beberapa menu andalan seperti ayam rica-rica, bebek rica-rica, ceker gambleh (super pedas), ayam gambleh dan bebek gambleh,” ujarnya wanita berhijab ini.

Sisca bersama dua koleganya –Diah Sri Utami dan Dede Rustam yang ikut pelatihan tampak serius saat mencatat penjelasan dari pihak instruktur maupun ketika mempraktikkan cara membuat mie hot plate yang diajarkan selama praktik di dapur uji, kemarin.

Untuk mengembangkan usahanya di masa mendatang, pihaknya juga memperhatikan aspek manajemen usaha, permodalan, pemilihan menu makanan, promosi dan marketing hingga pemilihan tempat usaha juga punya andil besar dalam memuluskan bisnis resto & café.

”Jika terobosan ini menunjukkan tren positif, saya ancang-ancang untuk ekspansi ke Papua karena harga mie hot plate per porsinya bisa terpaut 2-3 kali lipat ketimbang saya jual kepada konsumen di Jember,” tuturnya.

Hal senada juga disampaikan Diah Sri Utami dan Dede Rustam, yang juga punya minat membuka resto & café di Surabaya maupun di Bandung. Dengan mengikuti pelatihan ini, minat kedua peserta kursusan ini dalam menyalurkan hobi memasak (kuliner)-nya tetap kesampaian. Peserta juga mengaku tidak kesulitan mencerna penjelasan dari pihak instruktur. Nilai plus yang lain, peserta juga diberi beberapa trik dan tips membuat mie hot plate ala resto oleh Chef Haris Suseno.

Anda berminat belajar membuat mie hot plate ala resto untuk usaha, silakan menghubungi Tristar Institute cq Akpar Majapahit Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-5, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar