twitter

Pages

Kamis, 11 Februari 2016

Mahasiswa S1 Culinary Business Praktik Membuat Masakan ala Catering

Implementasikan Salah Satu Mata Kuliah Wajib
Mahasiswa S1 Culinary Business
Praktik Membuat Masakan ala Catering
SIANG hari itu kesibukan mahasiswa S1 International Culinary Business Tristar Institute-STIE IEU Surabaya di kampus berbeda dari biasanya. Setiap bulannya terutama pada pekan pertama mereka sibuk menyiapkan  acara jamuan makan lengkap (fine dining), namun kali ini mahasiswa menyiapkan menu masakan ala catering.
Mahasiswa membuat menu masakan ala catering  di dapur culinary dan pastry –merupakan implementasi dari salah satu mata kuliah wajib-- pada Rabu (03/02/2016), pekan lalu, dengan di dampingi Lily Andayani  (Dosen Pastry) dan Adeline Nadya Daniel (Dosen Culinary) Akpar Majapahit.
Menu masakan ala catering tersebut berupa ayam saos bistik, tumis wortel buncis, kentang goreng, egg roll (isi chicken) dan bihum goreng (vermicelle vegetables chicken) ditangani dua tim kecil berjumlah 13 mahasiswa.
13 mahasiswa itu bahu membahu bersama Chef Adeline Nadya Daniel yang akrab disapa Chef Della dan asistennya Prana Dwi Wardhana (mahasiswa D3 Akpar Majapahit).
Sedangkan dua kelompok kecil lainnya berjumlah delapan mahasiswa menyiapkan sponge cake, sponge pudding (strawberry blasting), kue pandan srikaya (steam cake) dan es buah. Delapan mahasiswa itu tampil all out bersama Chef Lily Andayani dan seorang asistennya. 
Dari tim culinary mendapat tugas menyediakan 50 nasi kotak (tempatnya diganti dengan memakai sterroform). Sementara itu tim pastry ditugaskan untuk menyiapkan 50  kotak kue (isinya dua macam yakni sponge cake dan steam cake) dan 50 gelas plastik (cup) untuk wadah es buah (isinya berupa potongan kotak-kotak kecil buah semangka, melon, nanas dan sponge pudding).



Pesanan menu masakan ala catering itu selanjutnya dibagikan mahasiswa S1 International Culinary Business kepada tukang becak, pemulung, mitra pasukan kuning dan orang-orang pinggiran yang ada di sekitar kampus Tristar Institute-STIE IEU kawasan Jl Dukuh Kupang (belakang Stasiun TVRI Surabaya).
Menurut Chef Della, masakan ala catering yang dikemas dalam bentuk 50 paket lengkap berisi nasi kotak, kue dan es buah yang dibagikan mahasiswa kepada orang-orang pinggiran di sekitar kampus itu merupakan bentuk kepedulian mahasiswa terhadap sesama.
Oleh karena itu, pihaknya juga menugaskan mahasiswa S1 International Culinary Business untuk membagikan sendiri masakan yang telah  dibuatnya di dapur uji, demi mendekatkan diri mahasiswa dengan warga pinggiran di sekitar lingkungan kampus.
”Harapan kami mahasiswa punya kepekaan sosial yang tinggi terhadap lingkungannya agar mereka tidak terjebak dalam menara gading. Makanya pada kesempatan kali ini mahasiswa kami libatkan langsung dalam kegiatan bakti sosial seperti ini,” ujar Chef Della di dampingi Chef Lily Andayani kepada kru www.culinarynews.info.
Anda tertarik dengan perkuliahan di Kampus Tristar Institute-STIE IEU Surabaya, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-5, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar