twitter

Pages

Senin, 18 Januari 2016

Perkuat Kerja Sama, Stiepari Semarang Kunjungi Akpar Majapahit Surabaya



Mengawali Tahun Baru 2016 Kedatangan Tamu dari Semarang

Perkuat Kerja Sama, Stiepari Kunjungi Akpar Majapahit Surabaya dan Tristar Culinary Batu

MEMULAI aktivitas perkuliahan pada awal Tahun Baru 2016, Akademi Pariwisata (Akpar) Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya kedatangan tamu istimewa dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi dan Pariwisata (Stiepari) Semarang. 

Sesuai run down acara, selama dua hari, tepatnya mulai Jumat (8/1/2016), tamu dari Semarang tersebut melakukan studi banding di kampus Akpar Majapahit Surabaya dan kampus Tristar Culinary Batu. 

Kedatangan rombongan tamu sebanyak 20-an orang dari Semarang (Jawa Tengah) ini antara lain terdiri dari Pembina Yayasan Triviaca Prof Dr Dr Soetomo, W.E., M.Pd, Ketua Yayasan Dr Ir Bambang Dwiloka MS, Direktur Stiepari Semarang Reny Apriliani SE, M.Par dan beberapa unsur pimpinan dari Stiepari Semarang yang lainnya.

Tiba di kampus Akpar Majapahit, tamu istimewa dari Semarang itu disambut langsung oleh Direktur Akpar Majapahit, Ir Juwono Saroso MM dan jajaran pejabat teras Akpar Majapahit Surabaya seperti Hedy Wahidin Saleh SH, MBA, MSi.Par (Asisten Direktur I), Otje Herman Wibowo SE, M.Par (Asisten Direktur II) dan Maftucha Dipl Hot., SE, M.Par (Asisten Direktur III).

Setelah rehat sejenak di lobi gedung Akpar Majapahit menikmati sajian welcome drink, tuan rumah mengajak tamunya mengikuti acara seremonial di lantai dua. Dalam kesempatan itu, Direktur Akpar Majapahit Ir Juwono Saroso MM berterima kasih atas kedatangan rombongan tamu dari Stiepari Semarang ke kampus Akpar Majapahit Surabaya.

Acara kunjungan kerja yang dikemas dalam bentuk studi banding itu dimanfaatkan betul oleh kedua pihak untuk menjalin kerja sama yang telah dirintis sebelumnya dalam bentuk yang lebih konkret seperti membuka program pascasarjana (S2).

Akpar Majapahit dan Tristar Institute –keduanya berada di bawah payung Matoa Holding-- saat ini telah membuka program studi D3 Perhotelan dan UPW, S1 International Culinary Business (kerja sama dengan IEU Surabaya), S1 Teknologi Pangan (kerja sama dengan Unitomo Surabaya).

Sementara itu, terkait dengan rencana membuka program pascasarjana (S2), penjajakan kerja sama dengan pihak Stiepari Semarang mendekati final. ”Oleh karena itu, kami optimistis kerjasama dengan Stiepari tak sekadar studi banding, melainkan ditingkatkan dengan membuka program pascasarjana berbiaya murah dengan kemasan  paket super hemat,” terang Juwono, dalam sambutannya.

Gayung pun bersambut. Stiepari Semarang giliran membalas sambutan tuan rumah. Pihak Stiepari yang diwakili Dr Ir Bambang Dwiloka MS pun menyambut baik keinginan Ir Juwono Saroso MM untuk membuka program pascasarjana berbiaya hemat.

”Untuk perkuliahannya sendiri bisa di Surabaya atau Semarang. Nanti kita bicarakan lebih lanjut. Yang jelas, Stiepari sudah berpengalaman puluhan tahun dalam mendidik mahasiswa S1 Pariwisata dan Pascasarjana (S2). Makanya kami pun siap bekerja sama mendidik dosen-dosen Akpar Majapahit yang sekarang masih bergelar S1,” terang Bambang, sapaan akrabnya.

Kerja sama dengan Stiepari Semarang ini merupakan strategi jangka panjang dari pihak Akpar Majapahit demi meningkatkan kualitas dosen yang saat ini masih bergelar S1 untuk disekolahkan ke jenjang lebih tinggi yakni S2 Pariwisata, sedangkan asisten dosen yang masih bergelar D3 akan dikuliahkan S1 Pariwisata.

Acara seremonial penyambutan rombongan dari Stiepari Semarang ditutup dengan penyerahan cendera mata (souvenir) dari Direktur Stiepari Semarang Reny Apriliani SE, M.Par kepada Direktur Akpar Majapahit Ir Juwono Saroso MM disaksikan pejabat teras kedua lembaga pendidikan tinggi tersebut.

Usai acara seremonial,  rombongan berkesempatan melihat langsung sarana dan prasarana yang tersedia di kampus Akpar Majapahit Jemursari sekaligus berdialog dengan dosen dan mahasiswa program studi Pastry dan Culinary yang sedang praktik membuat cake dan praktik memasak di dapur masing-masing.  

Selain itu rombongan juga sempat meninjau fasilitas mini bar, lab laundry, lab bahasa asing, lab komputer, contoh kamar hotel berbintang hingga fasilitas perpustakaan. Setelah puas meninjau sarana dan prasarana kampus, tamu dari Semarang ini menikmati acara jamuan makan siang yang dikemas ala lunch western.

Penampilan ciamik modern dance dari dua mahasiswa Akpar Majapahit cukup menghibur para tamu yang saat itu menikmati jamuan makan siang yang dilayani oleh para kru Matoa Café & Resto.

Usai mengikuti rangkaian acara tersebut, rombongan tamu dari Stiepari Semarang melanjutkan perjalanan ke Batu. Selama di Kota Batu, rombongan tamu dari Semarang ini meninjau kampus Tristar Institute Batu di Jl Bukit Berbunga No. 10 dan keesokan harinya, Sabtu (9/1/2016) menikmati sejumlah objek wisata dan mencicipi kuliner andalan Kota Batu dan Malang.

Selama di kota wisata tersebut,  20 orang tamu istimewa ini di dampingi Direktur Akpar Majapahit, Ir Juwono Saroso MM dan sejumlah pejabat terasnya yakni Otje Herman Wibowo SE, M.Par (Asisten Direktur II), Maftucha Dipl. Hot., SE, M.Par (Asisten Direktur III),  Kaprodi UPW Dewi Mariyanah M.Par., Kahumas Hendrik Adrianus SE. M.Par, Chef Yuda Agustian. (ahn)








































Tidak ada komentar:

Posting Komentar