twitter

Kursus di Surabaya

Tristar Jemursari
Telp: 031- 8480821-22.
031-8433224-25.
Simpati: 0813 3200 3300.
Satelindo: 085731804143
XL: 0817321024.
PIN BB: 2B4E0E95
Jln. Raya Jemursari 234 & 244.

Pages

Kamis, 07 Januari 2016

Kursus Privat Minuman ala Café Bersama Chef Arif Lila Wijanarka



Kursus Privat Minuman ala Café Bersama Chef Arif Lila Wijanarka
Peserta Diajarkan Cara Membuat 12 Minuman Mocktail, Squash dan Milk & Cream 

SETELAH sukses berbagi ilmu membuat Aneka Minuman Berbasis Kopi (Barista), Instruktur Food & Beverage (F&B) Product Tristar Institute, Arif Lila Wijanarka S.S. kembali dipercaya untuk mengajarkan praktik membuat 12 resep minuman ala café (Mocktail, Squash dan Milk & Cream) secara privat kepada peserta pelatihan dari Cepu pada Kamis (7/1/2016).

Untuk resep mocktail (minuman campuran lebih daru dua item bahan yang tidak beralkohol)  meliputi fruit punch, shirley temple, virgin pinacolada, pink smooties, virgin strawberry daiquiri dan cocktail mint jeruk nipis (minuman beralkohol karena salah satu bahannya menggunakan rum berkadar alkohol 24-40 persen).

Berikutnya adalah membuat squash (minuman dengan bahan dasar soda) yakni lemon atau lime squash, orange squash dan orange sprintzer.  Sedangkan resep minuman milk & cream terdiri dari happy float, happy soda dan milk shake: rasa vanilla, chocolate dan strawberry. 

Semua bahan yang digunakan untuk meracik minuman mocktail, squash maupun milk & cream mengacu pada standar hotel hingga juga penampilan (presentasi produk) dibuat setara dengan penyajian minuman di hotel berbintang dan premium café.


”Jadi wajar jika biaya kursus privat minuman ala café di sini relative mahal, sekitar Rp 2 jutaan per orang,”  terang Chef Lila, sapaan akrab Arif Lila Wijanarka usai memberikan kursus privat kepada Bella Yansa Oviealeta, peserta asal Cepu, Jawa Tengah, di kampus Akpar Majapahit, Kamis (7/1/2016) siang.

Bella jauh-jauh datang ke Surabaya untuk belajar membuat minuman ala Café (Mocktail, Squash dan Milk & Cream) di mini bar Akpar Majapahit karena wanita berjilbab ini berencana buka café di Cepu. Pasalnya, di kota yang dikenal dengan aktivitas usaha pertambangan dan pengeboran minyak bumi itu belum ada café yang representatif untuk menjamu pebisnis minyak bumi dari dalam negeri maupun mancanegara.

”Peluang ini yang saya tangkap untuk membuka café di Cepu. Sebelum café itu resmi di-launching untuk umum, saya belajar membuat minuman ala café baik mocktail, squash maupun milk & cream lebih dulu dengan ahlinya yang ada di sini,” ungkap Bella.

Dalam kesempatan itu, Chef Lila mengajarkan empat metode untuk membuat minuman ala café, yakni shaking (mengocok) dengan menggunakan shaker, pouring (menuang) memanfaatkan gelas ukur, blending yakni mencampur bahan dengan menggunakan blender dan mudling (menumbuk) dengan memakai mudler.

Masih menurut Chef Lila, semua metode untuk membuat minuman ala café diaplikasikan saat membuat 12 resep minuman mocktail, squash maupun milk & cream. ”Tidak hanya itu, peserta kursus privat minuman ala café juga saya bekali dasar-dasar pembuatan minuman, belajar memahami nama-nama bahan, peralatan dan aneka jenis gelas,” terang Lila kepada kru www.culinarynews.info.

Pihaknya juga mengajarkan cara membaca ukuran yang tertera pada alat maupun cara mengukur bahan minuman, seperti 1 gram sama dengan 1 ml, 1000 ml sama dengan 1 liter, 1 oz sama dengan 30 ml (salah satu ukuran cup jigger), 1 kg sama dengan 1000 gr dan 1 ml sama dengan 1 cc, dan seterusnya. 

”Pengenalan ukuran alat dan bahan minuman ini terkait dalam inventori bahan tersebut setelah pemakaian. Nah ketika closing akhir bulan, pengelola café bisa mengetahui kebutuhan bahan, bahyan minuman yang sudah habis dan bahan apa saja yang tersisa sehingga kita bisa menyusun budgeting-nya untuk pengadaan bahan bulan depan,” pungkasnya. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar