twitter

Pages

Senin, 25 Januari 2016

Awali Tahun Baru, Lembaga Pelatihan Tristar Mulai Terima Kursusan



Kiprah Lembaga Pelatihan Tristar Awali Tahun Baru 2016
Awalid9
Layani Kursus Masak Ayam Kremes, Mie Pangsit, Aneka Sambelan, Praktik Membuat Es Krim dan Es Puter

KESIBUKAN Lembaga Pelatihan Tristar Jl Prapen Indah J-5 Surabaya, sejak pertengahan Januari 2016 kembali menggeliat setelah libur panjang Natal dan Tahun Baru. Pada Sabtu (16/01/2016), Tristar menggelar kursusan membuat es krim diikuti tiga peserta dengan instruktur Endang Sri Rahajoe,

Sedangkan pada Senin (18/01/2016) giliran instruktur Ernawati mengajarkan cara membuat es puter diikuti enam orang peserta kursus serta kursus privat membuat martabak dan terang bulan yang diikuti Indrawati dari Surabaya.

Sementara itu pada Kamis (21/01/2016), Endang Sri Rahajoe dari Lembaga Pelatihan Tristar kembali berbagi ilmu dengan Ariyani Wardhana, peserta kursus privat dari Jakarta, membuat aneka bakso seafood motif ala impor.

Keesoka harinya, Jumat 922/01/2016), Lembaga Pelatihan Tristar menghelat tiga kursusan sekaligus yakni praktik membuat ayam kremes dengan instruktur Evie Mulyasari Dewi, praktik membuat mie pangsit yang diasuh oleh Ernawati dan praktik membikin aneka sambelan dibimbing langsung oleh Endang Sri Rahajoe.

Kepada peserta kursus privat masak ayam kremes, Evie Mulyasari Dewi menerangkan, untuk membuat ayam kremes yang enak, selain faktor pemilihan bumbu dan cara mengolahnya, juga aspek pemilihan ayam punya peranan penting. 

Untuk skala ekonomi (buka usaha), ayam yang dipilih adalah ayam pejantan dengan bobot 750-900 gram per ekornya. Ayam pejantan ini di samping harganya ekonomis, juga mudah dicari di pasar tradisional. Selain cocok untuk dibuat ayam kremes, ayam pejantan ini juga direkomendasi untuk dibuat ayam tulang lunak.
”Selama praktik masak membuat ayam kremes, peserta selain saya ajarkan pengetahuan bahan, teknik memotong ayam yang betul, ngungkep bumbu dan masak daging ayam (bisa pakai presto), juga  diajarkan cara membuat kremesannya dan sambal bajak,” terang Bu Evie, sapaan akrabnya, Jumat (22/01/2016) pekan lalu. 

Sementara itu, Ernawati, instruktur dari Lembaga Pelatihan Tristar dengan telaten membimbing dua peserta kursus privat (suami istri) cara membuat mie pangsit dalam satu paket lengkap.

”Untuk kursusan yang satu ini, peserta saya ajarkan mulai cara membuat mie telor, mie tanpa telor, mie sayur (warna hijau), mie kering, kulit pangsit, tumisan ayam hingga membuat kuahnya,” jelas Bu Erna di sela-sela memberikan materi di hadapan peserta kursus.

Di kelas yang lain,  instruktur Lembaga Pelatihan Tristar, Endang Sri Rahajoe dengan dibantu dua asistennya sibuk menyiapkan bahan-bahan untuk membuat aneka sambelan serta sejumlah peralatan memasaknya.

Kursus privat yang diikuti dua peserta yakni Ida Mahfiroh dan suaminya,  Endang menjelaskan tentang pengetahuan bahan hingga memberi tips bahwa kunci membuat sambal yang enak itu dari terasinya. Di pasaran, ia merekomendasi untuk memakai terasi merek Ny Siok atau terasi merek Finna (produksi Sekar Group) dari Sidoarjo.

Dalam praktik kali ini, peserta kursus diajarkan membuat delapan resep sambelan, mulai sambal bawang, sambal terasi, sambal tumpang, sambal hijau, sambal teri, sambal matoh, sambal dabu-dabu dan sambal pecel. Pihak kursusan juga menyediakan wadah sambal (botol plastik ukuran 100 gram) lengkap dengan etiketnya.

”Pasalnya, setelah praktik ini, kami ingin membuka home industry di rumah dengan membuat aneka sambel dalam  kemasan seperti diajarkan Tristar,” kata Ny. Ida di dampingi suaminya kepada kru www.culinarynews.info, Jumat, pekan lalu.

Nah, Anda tertarik dengan kursus wirausaha di Lembaga Pelatihan Tristar, silakan menghubungi Jl Prapen Indah J-5 Surabaya, Telp. (031) 8438839, 081234506352, 085731951010 PIN BB 539A64B6, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar