twitter

Pages

Senin, 21 Desember 2015

Refleksi Tahun 2015 dan Menyambut Tahun Baru 2016



Refleksi Tahun 2015 dan Menyambut Tahun Baru 2016 
d
2016, Tristar Culinary Institute Ekspansi ke Luar Kota, Tambah Cabang Baru

TAHUN BARU 2016 sudah menanti. Ini berarti 2015 hanya beberapa hari lagi meninggal kita semua. Namun jejak-jejak aktivitas selama 2015 tak bisa berlalu begitu saja. Terlebih lagi jika tahun ini masih ada pekerjaan rumah (PR) yang belum terselesaikan, maka mau tak mau, suka tidak suka harus di-reschedulling untuk diwujudkan tahun depan.

Bagi siapapun yang punya perencanaan kerja yang matang, maka 2015 menjadi landasan untuk berpijak guna  melangkah ke depan yang lebih baik dari sekarang. Pergantian tahun –dari 2015 ke 2016-- hendaknya dijadikan bahan instrospeksi bersama guna menapaki masa depan yang lebih baik di hari esok.

PT Matoa Bintang Anugerah (MBA) yang menaungi gurita bisnis pendidikan dan pelatihan mulai Akpar Majapahit (Jemursari, Kaliwaron), Tristar Institute (Batu dan BSD Tangerang), Tristar Machinery, Tristar Kursus, hingga jaringan Café & Resto dan yang lainnya, menutup tahun 2015 dengan penuh kebanggaan.

Bagaimana tidak dari sejumlah rencana kerja 2015 yang diagendakan Presdir Matoa Bintang Anugerah (MBA) Ir Juwono Saroso MM dan jajaran manajemen, ternyata hampir 100 persen sudah terealisasi.

Misalnya, pembukaan kampus baru Tristar Institute Batu, pembukaan program studi S1 Teknologi Pangan bekerjasama dengan Unitomo, pembukaan program studi Advanced Culinary dan Pastry Class, franchise jaringan Café & Resto, penawaran saham PT Matoa Bintang Anugerah (MBA) melalui program go friend kepada mitra bisnis dan karyawan.

Terbaru adalah rencana Tristar Culinary Institute (TCI) yang akan ekspansi di Bogor pada April 2016, pembukaan program D3 Pariwisata dan Perhotelan serta soft launching program S2 Pariwisata dan Perhotelan di Semarang bekerjasama dengan Stepari Semarang.

Khusus ekspansi di Bogor, Tristar Culinary Institute (TCI) segera hadir di Kota Hujan (Bogor). Lembaga pendidikan dan pelatihan di bawah Yayasan Eka Prasetya Mandiri bekerjasama dengan Politeknik-Kent (member of Prasetiya Mandiri Group) membuka program studi Perhotelan terakreditasi BAN-PT.

Kerjasama antara dua pihak ini ditandatangani oleh Direktur Tristar Culinary Institute (TCI) Ir Juwono Saroso MM dan Direktur Politeknik-Kent (member of Prasetiya Mandiri Group) Dr Suheriyatmono, SE, MM., Ak, CA di Surabaya, tanggal 07 November 2015 lalu. 

Untuk program studi D3 Perhotelan diarahkan pada pendidikan siap kerja dan kewirausahaan. Lulusannya bergelar Ahli Madya yang punya keahlian di bidang kuliner dan kewirausahaan. Oleh karena itu, untuk mendukung perkuliahannya mengandalkan praktik kuliner dan pendidikan kewirausahaan.

Fasilitas yang disiapkan antara lain laboratorium culinary, laboratorium pattiserie dan laboratorium teknologi pangan (teknologi tepat guna yang mengandalkan inovasi teknologi pengolahan pangan).

Di kampus baru TCI Bogor, Tristar Kitchen hadir untuk pujaseranya dan di sana juga tersedia multi function room untuk praktikum Meeting, Insentive, Conference & Exhibition (MICE) bagi mahasiswa program D3 Perhotelan.  Untuk kateringnya akan dikelola oleh mahasiswa. Fasilitas dan layanan ini yang tidak terdapat di jaringan kampus Tristar Culinary Institute (TCI) yang lainnya.

Perkuliahannya sendiri direncanakan akan dimulai pada Juli 2016 mendatang, sedangkan pada April 2016 mulai soft opening dan diawali dengan menerima kursus-kursus memasak. Untuk mendukung kegiatan perkuliahan,Tristar Culinary Institute (TCI) Bogor akan berkampus di Jl Bina Marga No. 19 Bogor, Telp. (0251) 8356102.

Selain itu, pihaknya dalam waktu dekat juga me-launching program studi baru D4 (setara S1) di Surabaya. Saat ini dirinya dibantu sejumlah dosen senior menyiapkan silabus perkuliahan D4 yang akan di-launching pada awal 2016.

”Begitu juga kerjasama antara pihak TCI dengan Stepari Semarang rencananya akan membuka program studi S2 (pascasarjana) Perhotelan dan Pariwisata yang tempat perkuliahannya diplot di Semarang. Di sana, dosen juga menerima kursus dan pelatihan memasak,” kata Ir Juwono Saroso MM saat berbincang dengan kru www.culinarynews.info di ruang kerjanya, baru-baru ini.

Selain ekspansi ke Bogor dan Semarang, pihaknya juga menjajaki perluasan kampus ke Makassar, Palembang dan Bali. Semua itu masuk dalam radar PT Matoa Bintang Anugerah (MBA) yang ingin lembaga pendidikan Perhotelan dan Pariwisata yang dikelolanya menjadi yang terbesar dan terbaik di Indonesia.

Di samping itu untuk meningkatkan kualitas dosen dan meningkatkan rasio antara jumlah dosen dan mahasiswa, pihaknya memberi kesempatan kepada dosen-dosen Akpar Majapahit dan Tristar Institute yang masih bergelar D3 untuk dikuliahkan D4 atau setara S1.

Begitu juga dosen yang masih bergelar S1 akan diikutkan program Pascasarjana (S2). Itu masih belum cukup, karena pihaknya juga akan merekrut sejumlah dosen baru sesuai kompetensi profesi untuk mengajar di lembaga pendidikan di bawah PT Matoa Bintang Anugerah dan jaringan usahanya. 

”Sarana dan prasarana pendidikan seperti fasilitas dapur culinary maupun pastry dan laboratorium akan ditambah dan dilengkapi sesuai standar pendidikan perhotelan dan pariwisata yang ditetapkan Ditjen Dikti,” pungkasnya. Selamat Tinggal 2015, Selamat Datang 2016. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar