twitter

Pages

Selasa, 08 Desember 2015

Mahasiswa S1 Culinary Business Praktik Fine Dining Hidangkan Indonesian Authentic Food






Implementasikan Mata Kuliah Wajib di Kampus Tristar-IEUd9

Mahasiswa S1 Culinary Business
Praktik Fine Dining Hidangkan Indonesian Authentic Food

KESIBUKAN mahasiswa S1 Culinary Business Tristar Institute-STIE IEU Surabaya di kampus pada siang hari itu nampak berbeda dari biasanya. Mereka sibuk menata salah satu ruang kuliah yang disulap menjadi sebuah restoran dengan gaya minimalis. Nama restorannya adalah Nusantara Restaurant.


Tiga meja bulat masing-masing dengan empat kursi telah ditata rapi dan dihias dengan taplak meja dengan padu padan warna yang serasi sehingga terlihat cantik. Di atasnya juga sudah tertata gelas, piring, sendok garpu, napkine (celemek), vas bunga dan tidak ketinggalan daftar menu makanan untuk jamuan fine dining yang menyajikan menu Indonesian Authentic Food.

Sementara itu, deretan meja kecil di salah satu pojok ruang tersedia seperangkat sound system yang menyajikan musik instrumentalia. Kehadiran musik tradisional Sunda itu mampu menghangatkan ruangan dengan tiga mesin pendingin (AC) yang dihidupkan semua.

Di Nusantara Restaurant akan menghelat jamuan Fine Dining dengan menu Indonesian Authentic Food untuk sejumlah tamu dan undangan yang dihelat Rabu (02/12/2015) sore sekitar pukul 16.00 – selesai.

Untuk itulah, mahasiswa S1 Culinary Business kembali diuji sekaligus berkesempatan menunjukkan kepiawaiannya dalam menyajikan satu paket menu lengkap Indonesian Authentic Food untuk acara Fine Dining, di hadapan  undangan yang hadir di kampus STIE IEU Surabaya, kawasan Dukuh Kupang (Belakang Stasiun TVRI Surabaya).

Tamu yang datang dalam acara fine dining itu antara lain sejumlah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Surabaya dan sekitarnya yang membuka program Studi Tata Boga (Kuliner), Pariwisata dan Perhotelan, perwakilan dari Akpar Majapahit Kaliwaron dan Akpar Majapahit Jemursari.

Praktik membuat menu lengkap untuk fine dining bagi mahasiswa S1 Culinary Business Tristar Institute-STIE IEU Surabaya merupakan salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa. Mahasiswa kembali dituntut untuk tampil sebaik mungkin sejak mempersiapkan bahan bakunya, memasak di dapur hingga menyajikannya.

Nah, demi menyukseskan hajatan tersebut, mahasiswa tidak sendiri karena mereka dibimbing langsung oleh  Chef  Adeline Nadia Daniel (Culinary) dan Chef  Laurentia Vivi (Pastry). Keduanya adalah dosen di Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

Dengan bimbingan kedua chef itu, maka tiga mahasiwa ditunjuk sebagai waiters/waitress, bahu membahu dalam menyajikan menu fine dining mulai appetizer, soup, main course dan dessert di hadapan  undangan harus sesuai standard operation procedure (SOP)-nya.

Satu paket fine dining di restoran papan atas biasanya menyajikan masakan Eropa atau Chinese Food (guna memeriahkan acara pesta pernikahan atau ulang tahun), tetapi pada acara fine dining oleh mahasiswa S1 Culinary Business Tristar Institute-STIE IEU Surabaya kali ini mengangkat menu Indonesian Authentic Food.

Menu Indonesian Authentic Food untuk appetizer-nya berupa Siomay Bandung (Steamed Chicken & Shrimp Dumpling with Steamed Vegetables Served with Peanut Sauce), soup-nya adalah Sayur Asem (Peanuts, Melinjo Seed, Long Beans, Young Corns, Cooked in Tamarind-based Soups).

Untuk menu utamanya (main course) sendiri menyajikan Ayam Kremes (Traditional Fried Chicken with Spicy Crumbs from Coconut Milk and Herbs), sedangkan menu penutupnya (dessert) adalah Rainbow Gulung Mini (Mini Rainbow Roll Cake Filled with Strawberry Jum) dan Es Pisang Hijau (Cake Filled with Banana Served with Pandan Sauce from Pandan Leaf & Coconut Milk).

Seperti dituturkan Chef Vivi, delapan mahasiswa S1 Culinary Business dibagi dalam dua tim beranggotakan empat orang. Kelompok pertama ditugaskan membuat Rainbow Gulung Mini, sedangkan kelompok kedua membuat Es Pisang Hijau. Kedua dessert  itu merupakan makanan penutup yang disajikan dalam satu piring pada fine dining di Nusantara Restaurant.

Sementara itu, Chef Della, sapaan Adeline Nadia Daniel, pihaknya mengangkat salah satu masakan favorit Indonesia Authentic Food, yang menjadi salah satu alternatif dalam perhelatan fine dining masakan Indoensia, yakni Siomay Bandung, Sayur Asam dan Ayam Kremes.

Chef Della dibantu 14 mahasiswa Culinary bahu membahu menyiapkan tiga resep masakan Siomay Bandung, Sayur Asam dan Ayam Kremes yang lezat rasanya sehingga membikin lidah bergoyang.

Progam Studi S1 International Culinary Business dalam praktik kesehariannya digolongkan secara individu maupun dalam kelompok kecil. Setiap akhir praktikum, para mahasiswa dibekali dengan program Fine Dining Simulation

Ini berarti mahasiswa akan diajarkan bagaimana menjadi seorang entrepreneur (wirausahawan) seperti menjalankan sebuah bisnis restoran dari aspek food service secara penuh. 

”Untuk sukses mengiplementasikan fine dining simulation, mahasiswa tentunya sudah kami bekali dengan membuat resep lengkap mulai menu pembuka (appetizer), soup, main course (menu utama) hingga menu penutup (dessert),” terang Chef Della kepada kru www.culinarynews.info di Kampus Tristar-IEU Surabaya, Rabu (2/12/2015) malam.

Di kampus Tristar Institute-STIE IEU Surabaya, jamuan Fine Dining yang disajikan mahasiswa S1 Culinary Business sudah dihelat beberapa kali. Menu masakan yang sudah dipraktikkan untuk acara tersebut antara lain Indonesian Authentic Food, Chinese Food, European Food, masakan Timur Tengah dan Japanese Food. ”Sementara itu dalam perhelatan fine dining kali ini kami kembali menyajikan menu Indonesian Authentic Food,” kata Della mengakhiri keterangannya.

Nah Anda tertarik dengan perkuliahan di Kampus Tristar Institute-STIE IEU Surabaya, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-5, sekarang juga. (ahn)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar