twitter

Pages

Kamis, 17 Desember 2015

Mahasiswa Advanced Pastry Akpar Majapahit Praktik Buat Cocktail



Dalam Rangka Memenuhi Kompetensi Profesi
Mahasiswa Advanced Pastry Akpar Majapahit Praktik Buat Cocktail   


DOSEN luar biasa Food & Beverage (F&B) Product (termasuk Bartending) Akpar Majapahit Agus J. Mulyana, kembali berbagi ilmu dengan mahasiswa Advanced Pastry Akpar Majapahit untuk mengajarkan praktik membuat cocktail yang segar dan menyegarkan.
Sebelum mengajarkan mahasiswanya bagaimana cara membuat cocktail yang enak, Agus mencoba me-review kembali perkuliahan basic knowledge bar yang telah diajarkan. Secara garis besar minuman dibagi menjadi dua golongan yakni  Alcoholic dan Non Alcoholic 

Kali ini mahasiswa tidak sekadar belajar teorinya, melainkan sudah mendapat tambahan materi baru plus praktik langsung membuat aneka resep minuman beralkohol maupun non alkohol sesuai kompetensi profesi industri perhotelan. Praktik bartender itu dihelat di bar milik kampus di lantai 4.
Mahasiswa  Advanced Pastry yang hadir dalam praktik membuat cocktail (minuman beralkohol) dengan bimbingan Agus J. Mulyana pada Senin (14/12/2015) siang itu adalah Nadia Syazawati Salwa, Mila Fitriana, Widya Budi Lestari, Aldilla Khairina, Felicia dan Sheiva Nursabrina, sedangkan R. Meidiana N.K. dan Jeany Yacoba tidak bisa hadir di kampus. 
Oleh Agus J. Mulyana, mahasiswa diajarkan membuat empat minuman beralkohol (cocktail) yang merupakan minuman hasil racikan asli Indonesia (Indonesian Authentic Mixology) yakni Mata Dewa, Red Devils, Bloody Marry dan Fizz Orange.

 
Dalam kesempatan itu, Felicia dipercaya menjadi asisten Agus J. Mulyana saat meracik dua resep cocktail di minibar kampus Akpar Majapahit di lantai 4 yakni Mata Dewa dan Red Devils
Sedangkan Aldilla Khairina menjadi asisten Agus J. Mulyana saat meracik Bloody Marry (non alkohol) dan Nadia Syazawati Salwa ditugaskan meracik Fizz Orange dengan dipandu Agus J. Mulyana dan disaksikan mahasiswa Advanced Pastry yang lain.  
 Selama praktik, mahasiswa mendapat giliran untuk meracik resep minuman yang bahan-bahannya disesuaikan dengan standar industri perhotelan merasa tersanjung dan termotivasi tampil sebaik mungkin. 
Untuk itu mereka lebih dulu dibekali pengetahuan bahan minuman dan cara mencampurnya (mixing) bahan minuman sesuai dengan resep yang diterapkan yakni mengacu pada standard operation procedure (SOP)-nya. 

”Dalam meracik bahan minuman itu ada urut-urutannya. Jangan sampai terbalik komposisinya karena  dari aspek rasa tidak pengaruhi tetapi yang rusak itu teksturnya. Nah inilah kenapa kami selalu menekankan hal ini kepada mahasiswa saat praktik di bar,” terang dosen Akpar Majapahit ini kepada kru www.culinarynews.info, disela praktik meracik minuman di hadapan mahasiswa.

Saat dirinya mengajarkan bagaimana membuat cranburry cooler (cocktail berlakohol), misalnya, bahannya meliputi 4 oz (1 oz setara 30 ml) cranburry juice, 2 oz apple juice,  1 oz lemon juice dan  1 oz simple syrup. Cranburry cooler ini disajikan dalam gelas pilsener ditambah es cube.
Begitu juga saat membuat cranberry cake, komposisinya adalah 1 oz vodka, 4 oz cranberry juice, ½ piece lime juice dan ice cube. 

Sementara itu untuk membuat minuman florida sunshine komposisi bahannya terdiri dari 2 oz tequila, 2 oz orange juice, 2 oz pineapple juice dan ½ oz grenadine di mana saat penyajiannya ditambah ice cube. 

Anda tertarik dengan berbagai aktivitas mahasiswa di kampus Akpar Majapahit, mari bergabung bersama dengan segenap civitas akademika Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-5. (ahn)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar