twitter

Pages

Kamis, 31 Desember 2015

Awali Tahun Baru 2016, Akpar Majapahit Jemursari Siap Gelar MKK Terpadu Jilid II



Asisten Direktur III Akpar Majapahit Maftucha, Dipl.Hot, SE, M.Par

Awali Tahun Baru 2016, Akpar Majapahit Jemursari Siap Gelar MKK Terpadu Jilid II  

MENGAWALI Tahun Baru 2016, Akademi Pariwisata (Akpar) Majapahit Jemursari siap menghelat Mata Kuliah Keahlian dan Ketrampilan (MKK) Terpadu di Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya yang dijadwalkan akan dilaksanakan pada 13 dan 16 Januari 2016 bukan 10 dan 11 Januari 2016 seperti yang diberitakan sebelumnya.

Agenda kegiatan kemahasiswaan ini merupakan tindak lanjut dari gelaran sejenis yang dihelat civitas akademika Akpar Majapahit Jemursari pada pertengahan Desember 2015 lalu atau dua pekan sebelum memasuki liburan akhir tahun berdasarkan kalender akademik.

Ditemui kru www.culinarynews.info di lobi kampus Akpar Majapahit, belum lama ini, Asisten Direktur III Bidang Kemahasiswaan Akpar Majapahit Maftucha, Dipl.Hot. SE, M.Par mengatakan, penyelenggaraan program Mata Kuliah Keahlian dan Ketrampilan (MKK) Terpadu Jilid II ini akan menghelat beberapa acara utama yakni Jamuan Makan Malam (Gala Dinner), New Year Party, Discothique seperti MKK Terpadu Jilid I yang sukses dilaksanakan di Akpar Majapahit Kaliwaron akhir Oktober 2015 lalu.

Sukses penyelenggaraan Lunch Western dan Halloween Party di Kampus Akpar Majapahit Kaliwaron ketika itu tidak lepas dari dukungan seluruh civitas akademika Akpar Majapahit, mulai unsur Pembina Yayasan Eka Prasetya Mandiri, kalangan dosen, mahasiswa dan jajaran karyawan.

Sukses penyelenggaraan MKK Terpadu yang terkait dengan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Semester I, III dan V di Kampus Akpar Majapahit Kaliwaron pada 27 dan 29 Oktober 2015 lalu juga mendapat perhatian dari Ir Juwono  Saroso MM, selaku Pembina Yayasan Eka Prasetya Mandiri.

”Untuk itu, dalam gelaran MKK Terpadu Jilid II nanti, kami juga meminta atensi langsung dari Pembina Yayasan untuk memotivasi segenap civitas akademika Akpar Majapahit Jemursari tampil all out seperti yang telah diperlihatkan oleh kekompakan tim dari Kaliwaron,” ujar Bu Ucha, sapaan karib Maftucha.

Ibarat penampilan sebuah musik orchestra, sosok Pak U –sapaan akrab Ir Juwono Saroso MM-- terbukti mampu menjadi dirijen yang baik, sehingga masing-masing pemusik bisa memainkan perannya dengan sebaik mungkin sehingga musik yang dibawakan enak dinikmati.

Masih menurut penuturan Bu Ucha, implementasi MKK Terpadu ini merupakan program akademi demi mendekatkan mahasiswa dalam kegiatan-kegiatan riil yang terkait dengan dunia industri pariwisata dan perhotelan. Kegiatan MKK Terpadu berupa pergelaran Jamuan Makan Malam (Gala Dinner), New Year Party atau Discothique.

Dalam hal ini dirinya dibantu beberapa dosen dan mahasiswa culinary (menyediakan food product), dosen dan mahasiswa perhotelan (mengurusi front office), dosen dan mahasiswa pastry (menyiapkan sajian pastry), serta dosen bartending Agus J. Mulyana (menangani resto dan bar menyiapkan welcome drink dan mocktail).

”Sementara itu, saya dengan dibantu mahasiswa yang lain fokus meng-handle food service dan etiket. Pada prinsipnya implementasi MMK Terpadu ini –bagian dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Akpar Majapahit-- untuk membiasakan diri mahasiswa dalam menghadapi kondisi riil di industri pariwisata dan perhotelan,”  kata wanita paro baya yang biasa mengenakan hijab itu kepada kru www.culinarynews.info.

Implementasi MKK Terpadu Jilid II ini bertujuan memadukan enam mata kuliah yang diajarkan kepada mahasiswa sesuai kompetensi profesinya, yakni mata kuliah Culinary, Pastry, Front Office (FO), Bar & Resto, Housekeeping dan mata kuliah Etiket.

Secara keseluruhan, Bu Ucha menilai, penampilan mahasiswa dalam acara Jamuan Makan Malam (Gala Dinner) pertengahan bulan lalu cukup memuaskan. Pasalnya, mereka bisa memosisikan diri sesuai keahlian dan ketrampilannya masing-masing (on the job), sekalipun pada pagi hingga sore sebagian besar mahasiswa yang menjadi panitia masih mengikuti perkuliahan.

Karena itulah pada gelaran MKK Terpadu Jilid II nanti,  pihaknya berharap peranan masing-masing anggota panitia (dosen, karyawan dan mahasiswa) dalam  meng-handle acara tetap solid. Hal ini akan menjadi tantangan tersendiri saat mereka kembali dipercaya untuk menangani acara sejenis di Kampus Akpar Majapahit Jemursari –terkait dengan UKM Kewirausahaan—pada 13 dan 16 Januari 2016.

”Saya juga berkomitmen untuk terus memotivasi mahasiswa sehingga pengalaman berharga ini menjadi bekal setelah mereka lulus dan bekerja di industri pariwisata dan perhotelan,” tandas Maftucha memungkasi pembicaraan. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar