twitter

Pages

Senin, 14 Desember 2015

10 Mahasiswa Akpar Majapahit Diinterview HRD Banyan Tree dan Angsana Hotel Bintan



Bersaing Memperebutkan Formasi Jabatan F&B Product dan Pastry Department
 

10 Mahasiswa Akpar Majapahit Diinterview HRD Banyan Tree dan Angsana Hotel Bintan

UNTUK mengisi formasi jabatan di Food & Beverage (F&B) Product dan Pastry Department Banyan Tree dan Angsana Hotel Bintan, 10 mahasiswa Akpar Majapahit mengikuti rangkaian proses rekrutmen yang dilaksanakan pihak HRD hotel tersebut dengan cara interview (wawancara) jarak jauh melalui fasilitas skype.

Pada tes interview tahap pertama, dari 10 mahasiswa Akpar Majapahit yang mengikuti proses rekrutmen lewat fasilitas skype, mahasiswa yang dinyatakan memenuhi syarat untuk menjalani interview tahap kedua sebanyak enam orang, dua mahasiswa tidak bisa dihubungi dan dua mahasiswa yang lainnya tidak lolos seleksi tahap pertama.

Untuk interview tahap kedua pada Senin (14/12/2015) siang, diikuti dua mahasiswa Akpar Majapahit, yakni Feronika Sutopo dan Aland Siedarta. Keduanya bersaing untuk mengisi jabatan F&B Product Department Angsana Hotel Bintan.

Wawancara jarak jauh tersebut melibatkan pihak HRD Angsana Hotel Bintan yang diwakili Executive Sous Chef Angsana Hotel Bintan Yudhistira dengan mahasiswa yang bersangkutan. Mahasiswa diminta menjelaskan curriculum vitae (CV)-nya masing-masing dalam bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia.

Dalam wawancara itu juga disinggung latar belakang pendidikan, kepribadian, aktivitas mahasiswa selama di kampus, keahlian dan ketrampilan yang dimiliki, dukungan keluarga hingga pengalaman membuat masakan apa yang paling enak yang pernah dibuat mahasiswa.

Feronika Sutopo juga sempat disinggung tentang kemampuannya berbahasa Mandarin dan Jepang mengingat tidak sedikit tamu hotel yang menginap di Angsana Hotel berasal dari China dan Jepang.

”Kemampuan berbahasa asing ini menjadi added value (nilai tambah) bagi mahasiswa Akpar Majapahit yang ingin bekerja di industri pariwisata dan perhotelan termasuk di Angsana Hotel Bintan,” terang Yudhistra saat berdialog dengan Feronika melalui fasilitas skype di Ruang Perpustakaan Akpar Majapahit, kemarin siang.

Sementara itu pada saat meng-interview Aland Siedharta, pihak Angsana Hotel Bintan berkesempatan  mengorek hobi Aland yang katanya suka basket, futsal dan bulu tangkis. Minat dan bakat mahasiswa ini juga tidak kalah pentingnya karena di industri perhotelan, pihaknya membutuhkan karyawan yang tidak hanya cakap dalam bekerja sesuai keahlian dan ketrampilannya di bidang F&B product dan Pastry, tapi juga sumber daya manusia (SDM) yang punya hobi berolahraga sesuai kebutuhan perusahaan.

”Pasalnya, di jaringan hotel Angsana Group ada tim olahraga yang punya jadwal khusus untuk latihan bareng tanpa harus mengganggu kesibukan mereka masing-masing sebagai karyawan hotel tersebut,” .papar Yudhistira kepada Aland Siedharta dalam sesi wawancara tersebut.

Dalam wawancara jarak jauh  dengan pihak Angsana Hotel Bintan, mahasiswa Akpar Majapahit itu di dampingi Kabag Kemahasiswaan  Moch. Ridwan. Kepada kru situs www.culinarynews.info, Ridwan mengatakan, interview tahap kedua ini masih akan dilanjutkan pada Rabu (16/12/2015) siang.

”Setelah meng-interview Feronika dan Aland, giliran Bernardus Filbert, Putri Purnamasari, Sheiva Nursabrina dan Bella Ginartika Puspa yang akan di-interview pihak hotel. Jadwal interview yang saya peroleh dari HRD Manager Hotel Banyan Tree dan Angsana Hotel Bintan, Dessy Maryanti ini sebelumnya juga sudah saya bagikan kepada mahasiswa yang bersangkutan,” terang Ridwan.

Moch. Ridwan, yang juga dosen Statistik, Ilmu Alamiah Dasar (IAD) dan Pancasila di Akpar Majapahit ini mengungkapkan, hubungan baik dengan industri perhotelan dan pariwisata menjadi kunci utama bagi lembaga ini untuk menyalurkan lulusannya sesuai kebutuhan perusahaan yang bersangkutan.  ”Nah untuk mengapresiasi semua itu maka pihak kampus siap memfasilitasi kebutuhan mahasiswa sehingga proses interview di kampus bisa berjalan lancar dan sukses,” pungkasnya. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar