twitter

Pages

Senin, 30 November 2015

Akpar Majapahit Buka Program Profesional Pendidikan Culinary dan Perhotelan di Batu dan Surabaya

Strategi untuk Memenangkan Persaingan

Akpar Majapahit Buka Program Profesional Pendidikan Culinary dan Perhotelan di Batu dan Surabaya  

AKPAR Majapahit membuka Program Profesional Kuliah Culinary dan Perhotelan mulai tahun akademik 2015/2016.Program baru tersebut merespons tuntutan pasar yang membutuhkan tenaga-tenaga profesional di bidang kuliner dan perhotelan yang siap kerja.

Program baru kuliah Culinary dan Perhotelan yang ditawarkan pihak Akpar Majapahit ini berbiaya murah. Dengan biaya pendidikan hanya Rp 33,5 jutaan selama studi dua tahun, mahasiswa sudah mengantongi ijazah perhotelan dan dua sertifikasi kompetensi sekaligus.

Pada tahun ketiga, perkuliahannya di-bundling dengan studi International Hotel & Cruise. Untuk itu mahasiswa cukup menambah uang kuliah Rp 12,5 jutaan saja.Jadi calon mahasiswa yang mengambil program baru tersebut total biaya studinya sekitar Rp 46 jutaan perorang.

Dengan biaya ringan, mahasiswa bisa mencicipi praktik  di dapur culinary setara hotel bintang lima di Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemusari No. 244 Surabaya atau Kampus Batu Jl Bukit Berbunga No. 10 Kota Batu.Untuk perkuliahan di Surabaya hanya tersedia kelas sore, sedangkan di Batu tersedia kuliah pagi, siang dan sore.

Studi pada tahun pertama, Akpar Majapahit mengajarkan Basic Knowledge Culinary & Hospitality. Sedangkan pada masa perkuliahan tahun kedua, mahasiswa diajarkan tentang Intermediate Culinary & Hospitality Pendidikan tahun pertama dan kedua masing-masing ditempuh selama sembilan bulan sudah termasuk magang.

Mahasiswa yang berhasil menyelesaikan program pendidikan Basic Knowledge Culinary & Hospitality berhak menerima sertifikasi kompetensi sebagai Asisstant Cook, sedangkan mereka yang telah menyelesaikan kuliah Intermediate Culinary & Hospitality nantinya akan mendapatkan sertifikasi kompetensi sebagai First Cook.

Sementara itu untuk masa perkuliahan tahun ketiga, mahasiswa akan dibekali Professional Program for International Hotel & Cruise. Pendidikannya juga ditempuh selama sembilan bulan. Mahasiswa yang menyelesaikan Professional Program for International Hotel & Cruise selain memperoleh ijazah, dari pihak Akpar Majapahit juga menyediakan informasi lowongan kerja.

Menurut Manager Tristar Intitute Batu, Chef Yuda Agustian, untuk saat ini bercatat 30 mahasiswa mengambil program professional studi Culinary di Kota Wisata Batu. Mereka sudah aktif kuliah di sana sejak pertengahan Oktober 2015 lalu.

Selain mengikuti kuliah dan praktik Culinary di kelas, mahasiswa juga diberi kesempatan untuk belajar entrepreneur (kewirausahaan) di kampus Batu. Pembelajaran kewirausahaan itu sudah dirintis oleh Jong Silvia, Christine, Fidyah, Sun Sun, Vira, Renee, Andre dan Inggrid yang membuat College Chicken.

”Kami mempersiapkan untuk masak college chicken  berupa masakan ayam yang diwadahi cup, chicken fillet goreng plus bumbu dan aneka citarasa minumannya pada pagi hari sebelum jam kuliah antara pukul 07.00-08.30. Kami juga membuat collage chicken sehabis kuliah antara pukul 12.00-13.30,”. tutur Jong Silvia di dampingi Christine di Hotel Bumi Surabaya, Minggu (29/11/2015) malam bersamaan acara Wisuda VII Akpar Majapahit.

Modal awalnya Rp 500.000 dari Chef Yuda. Selama ujicoba dua pekan terakhir, college chicken yang dihargai Rp 12.000 per cup, minuman anekarasa (rasa strawberry,lecy, permen karet, coklat dll) dibandrol dengan harga Rp 12.000 per gelas dan chicken fillet goreng plus bumbunya dipatok Rp 10.000 per pack laris manis. Pembelinya selain mahasiswa, juga warga sekitar kampus di kawasan Jl Bukit Berbunga Kota Batu.

”Dengan demikian tidak sampai sebulan modal awal Rp 500.000 sudah bisa kami kembalikan ke chef Yuda. Bahkan kami masih bisa menyisihkan 10 persen untuk kampus dan keuntungan bersih yang kami terima tinggal 27 persenan. Lumayan untuk memulai sebuah usaha kecil dari kampus,” ujar Jong Silvia.

Selain Jong Silvia dkk yang membuat College Chicken, ada tim lain yang membuat Sushi Box. Pola usaha yang dilakukan juga tidak jauh berbeda dengan yang dilakukan Jong Silvia dkk, hanya bedanya terletak pada menu yang diproduksi.

Program baru yang diluncurkan Akpar Majapahit ini membidik siswa-siswi SMA atau SMK yang masih duduk di kelas XI  sebagai calon mahasiswa baru. Tertarik menjadi calon mahasiswa baru pada Program Pendidikan Culinary & Perhotelan Siap Kerja di Kampus Akpar Majapahit, silakan Anda menghubungi Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp.(031) 8433224-25, 8480823. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar